Rabu, 12 Mei 2010

Menggunakan action load movie pada flash 8

Menggunakan action load movie pada flash 8


Apakah anda sudah mengerti tentang action script? Untuk apa dan bagaimana cara meletakkan action scriptnya? ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005. (http://id.wikipedia.org/wiki/ActionScript)

Disini kita akan menggunakan Action loadmovie, Load movie digunakan untuk membuka file swf eksternal yang berada di luar movie yang sama. Ikuti langkah dibawah ini :
1. Buka macromedia flash 8, dan create new file dan buat objek kotak pada stage dan jadikan movieclip pada kotak registrasi pilih di posisi kiri atas, beri nama instance target. Buat tombol play dan tombol stop pada stage, Lalu save movie tersebut dengan nama loadmovie.fla
Photobucket

Photobucket

Photobucket

Photobucket
2. Lalu buat dokumen baru untuk membuat movie yang akan di load. Pada dokumen baru saya buat movie sederhana dengan menggunakan create motion tween. Anda boleh buat sesuka anda. Lalu save movie tersebut dengan nama objek.fla dan pastikan kedua dokumen tersebut dalam satu folder.

Photobucket

Photobucket
3. Lalu pilih dokumen loadmovie, kita akan mulai memasukan script loadmovie. Pilih tombol play dan tekan tombol F9 untuk membuka panel action lalu tuliskan script ini
on (release) {
loadMovie("objek.swf","target");
}

Photobucket
Sedangkan untuk tombol stop tuliskan script dibawah ini :
on (release) {
target.stop();
}

Photobucket
4. Pilih dokumen objek lalu export movie flash (ctrl+enter). Pilih dokumen loadmovie dan jalankan movie tersebut (ctrl+enter).

1 komentar:

  1. terima kasih admin atas ilmunya, saya coba dan ternyata bisa...

    BalasHapus