Selasa, 26 November 2013

TINDAKAN DISKRIMINASI PADA LINGKUNGAN

Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan yang lain.
Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karateristik lain yang diduga merupakan dasar dari tindakan diskriminasi
Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.
Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.

                Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusia untuk membeda-bedakan yang lain. Atau Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karateristik lain yang diduga merupakan dasar dari tindakan diskriminasi. Diskriminasi langsung Terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya diskriminasi. Diskriminasi tidak langsung terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.
Faktor penyebab diskriminasi Perbedaan latar belakang Perbedaan keyakinan, kepercayaan dan agama Perkembangan sosio kultural dan situasional Perbedaan kepentingan Perbedaan individu
Bentuk Diskriminasi di Indonesia Diskriminasi dalam keluarga Diskriminasi dalam tempat kerja Diskriminasi Kebijakan, undang- undang dan pelayanan Diskriminasi kelamin, ras dan sosial dll

  • Keagamaan  Gemar Silaturahmi
  •  Bersikap Toleransi Pemerintahan
  • Pembentukan ratifikasi dan pengawasan UU
  • Meningkatkan pelayanan masyarakat Pendidikan
  • Learn to know • Learn to do • Learn to live together
  • Learn to be Kebangsaan
  • Semangat kebangsaan
  • Membangun karakter Nasional Sosial dan Ekonomi
  • Menumbuhkan jiwa bermoral
  • Menanamkan sikap sportif Solusi Permasalahan Diskriminasi

Sebab dan alasan kerusuhan ini masih banyak diliputi ketidakjelasan dan kontroversi sampai hari ini. Namun demikian umumnya masyarakat Indonesia secara keseluruhan setuju bahwa peristiwa ini merupakan sebuah lembaran hitam sejarah Indonesia. Sementara beberapa pihak, terutama pihak Tionghoa, berpendapat ini merupakan tindakan pembasmian (genosida) terhadap orang Tionghoa, walaupun masih menjadi kontroversi apakah kejadian ini merupakan sebuah peristiwa yang disusun secara sistematis oleh pemerintah atau perkembangan provokasi di kalangan tertentu hingga menyebar ke masyarakat.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar